Comments

Sabtu, 03 Desember 2016

Mengenai Grafik, Keterangan dan Cara Membacanya

Kali ini saya akan membahas materi tentang Grafik. Di SD/MI kalian semua pasti sudah mempelajari tentang grafik, namun dibahas dalam mata pelajaran Matematika. Berbeda dengan kelas IX, grafik ini dimasukkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Perlu kalian ketahui, materi grafik ini bukan materi tentang perhitungan, seperti halnya Matematika. Namun konsep dalam materi ini adalah untuk memahami grafik dan mengerti cara membacanya. Meskipun ini hanya persoalan membaca, tapi materi ini tidak boleh disepelekan. Karena ketelitian dan kecermatan sangat dibutuh kan dam materi ini. 

Sebelum saya memberikan contoh grafik dan cara membacanya, kalian harus paham apa sih yang dimaksud grafik itu?

Grafik adalah suatu rangka untuk membentuk Objek visualisasi table. Table yang terdiri dari angka-angka dapat disajikan atau dapat ditampilkan ke dalam bentuk gambar, bisa dalam berbentuk garis, lingkaran, batang dll. Atau suatu objek yang digunakan sebagai kombinasi antara angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan, yang disajikan satu media untuk memberi konsep maupun ide dari pengirim kepada sasarannya dalam proses menyampaikan sebuah informasi.

Nah, sekarang kalian sudah tau bukan, apa yang dimaksud dengan grafik? Agar lebih jelas saya akan memberikan contoh grafik, keterangannya dan cara membacanya.


Grafik siswa SD Majujaya, sebagai berikut :

 
Keterangan : 

- Siswa kelas I SD Majujaya berjumlah 20 anak
- Siswa kelas II SD Majujaya berjumlah 15 anak
- Siswa kelas III SD Majujaya berjumlah 30 anak
- Siswa kelas IV SD Majujaya berjumlah 25 anak
- Siswa kelas V SD Majujaya berjumlah 10 anak
- Siswa kelas VI SD Majujaya berjumlah 35 anak

Paragraf :

Siswa di SD Majujaya dari kelas I hingga kelas VI memiliki jumlah siswa yang berbeda – beda. Kelas I berjumlah 20 anak. Kelas II memiliki jumlah yang lebih sedikit, yaitu 15 anak. Kelas III berjumlah 30 anak, melebihi kelas I dan kelas II. Kelas IV berjumlah 25 anak. Kelas V berjumlah 10 anak. Dan kelas VI memiliki jumlah siswa paling banyak diantara kelas – kelas yang lainnya, yakni 35 anak.

0 komentar:

Posting Komentar