Comments

Minggu, 20 November 2016

Sistem Koordinasi > IMPULS ATAU RANGSANGAN

A.      Impuls
Impuls adalah rangsangan atau pesan yang diterima oleh reseptordari lingkungan luar, kemudian dibawa oleh neuron. Impuls juga bias dikatakan sebagai serangkaian arus listrik yang menjalari serabut saraf. Contoh rangsangan : (Beberapa sudah ada di atas, dibawah ini selengkapnya)
a.    Perubahan dari dingin menjadi panas.
b.    Perubahan dari tidak ada tekanan pada kulit menadi ada tekanan.
c.    Berbagai macam aroma yang tercium oleh hidung.
d.   Suatu benda yang menarik perhatian.
e.    Suara bising.
f.     Rasa asam, manis, asin, dan pahit pada makanan.
Impuls yang diterima reseptor dan disampaikan ke efektor akan menyebabkan terjadinya gerakan atau perubahan pada efektor.

B.       Macam Gerak
Gerak adalah suatu aktivitas tubuh karena adanya rangsangan oleh saraf. Gerak dibagi menjadi dua macam, yaitu gerak biasa dan gerak refleks.
a.    Gerak Biasa adalah gerak yang dilakukan secara sadar, sehingga sebelum kita melakukan sesuatu, kita sudah mengetahui apa yang akan kita lakukan. Ini disebabkan karena rangsangan melalui otak. Gambaran rangsangan adalah sebagai berikut :

Rangsangan > Reseptor (Alat Indera) > Neuron Sensorik > Saraf Pusat (Otak) > Neuron Motorik > Efektor (Otot dan Kelenjar) > Respon

b.    Gerak Refleks adalah gerak yang dilakukan diluar kesadaran, menyebabkan kelambatan mengetahui sesuatu, atau kita akan mengetahui apa yang kita lakukan setelah kejadiannya sudah terlewatkan. Ini karena rangsangan disampaikan melalui jalan singkat dan tidak menuju ke otak. Gambaran rangsangannya adalah sebagai berikut :

Rangsangan > Reseptor (Alat Indera) > Neuron Sensorik > Saraf Pusat (Sumsum Tulang Belakang) > Neuron Motorik > Efektor (Otot dan Kelenjar) > Respon

Gerak refleks sangat dibutuhkan untuk menghindari bahaya. Berdasarkan letak neuron konektor (interneuron), gerak refleks dibagi menjadi dua macam, yaitu refleks otak dan refleks tulang belakang. Jika neuron konektornya terletak di otak disebut refleks otak. Contohnya, gerakan pupil mata yang menyempit dan melebar karena terkena rangsangan cahaya. Jika neuron konektornya terletak di sumsum tulang belakang disebut refleks sumsum tulang belakang. Contohnya, gerakan lutut yang tidak disengaja.

0 komentar:

Posting Komentar