Comments

Senin, 21 November 2016

Penyakit Yang Diderita Akibat Kelbihan Atau Kekurangan Hormon Lengkap

Haii Sobat Smart, kali ini aku bakal nge - share pengetahuan tentang biologi (lagi_-). Pembahasannya kali ini tentang Penyakit yang diderita akibat kekurangan atau kelebihan hormon. Udah dijelasin kan di artikel sebelumnya hormon itu apa? jadi aku gausah ngasih tau definisinya yaa. Oke langsung aja baca artikelnya dibawah ini!!!

a)      Kelenjar Hiposis
-          Dwarfisme merupakan penyakit kekurangan hormon petumbuhan (hiposekresi). Penderita tampak bertubuh pendek tetapi tetap memiliki proporsi tubuh yang normal
-          Gigantisme kelebihan hormon pertumbuhan (Hipersekresi) terjadi pada anak-anak yang mengalami pertumbuhan berlebihan.
-          Akromegali, kelebihan hormon pertumbuhan terjadi pada saat dewasa, penderita mengalami pembesaran rahang tulang dan wajah. Kulit bertambah tebal
b)     Kelenjar Tiroid
-          Grave’s disease/morbus basedow, kelebihan hormon tiroid
-          Kretinisme (kerdil), kekurangan hormon tiroid. Terjadi pada anak-anak. Penderita tidak dapat mencapai pertumbuha fisik dan mental yang normal.
-          Mix Oedema (miksedema), penyakit yang disebabkan kekurangan hormon tiroid terjadi pada orang dewasa. Ciri-ciri lajunya metabolisme rendah, berat badan berlebihan, bentuk badan mejadi kasar, dan rambut rontok.
-          Strauma, merupakan terjadinya pembengkakan pada kelenjar tiroid yang disebabkan kekurangan yodium.
c)      Kelaenjar Paratiroid
-          Hiperparathormon, kelebihan sekresi hormon paratiroid dapat menyebabkan kelainan pada tulang. Kelainan tersebut seperti tulang rapuh, bentuk abnormal, dan mudah patah.
-          Kelebihan kalsium yang dieksresikan dapat menyebabkan batu ginjal.
-          Hipoparathormon, kekurangan hormon paratiroid dapat menyebabkan terjadinya gejala kekejangan otot (tetani).
d)     Kelenjar Adrenal
-          Cushing’s syndrome, penyakit yang disebabkan kelebihan hormon kelenjar adrenal. Penderita mengalami peningkatan tekanan darah, gula darah akibat pegeluaran hormon kortisol yang berlebihan. Gejala yang tampak berupa otot-otot tubuh mengecil dan menjadi lemah, osteoporosis, luka yang sulit sembuh dan terjadinya gangguan mental.
-          Addison’s disease, penyakit yang disebablan karena kekurangan hormon kelenjar adrenal. Gejala berupa hipoglikemia (kadar gula dalam darah menurun).
e)      Kelenjar Gonad
-          Terjadinya gangguan atau kelainan kelenjar gonad dapat mengakibatkan terganggunya reproduksi manusia.

0 komentar:

Posting Komentar