Comments

Senin, 21 November 2016

Sistem Koordinasi > PENYAKIT MENYERANG SARAF

PENYAKIT ATAU KELAINAN PADA SYARAF
 
Penyakit pada saraf adalah penyakit atau kelainan yang mempengaruhi fungsi sistem saraf pada manusia. Berikut contohnya :

1.    Encephalitis adalah peradangan otak. Penyebab encephalitis paling sering adalah karena infeksi mikroorganisme atau zat-zat kimia seperti timbal, arsen, merkuri (air raksa), dll.
2.    Encephalomyelitis peradangan pada sumsum tulang belakang.
3.    Meningoencephalitis adalah pada selaput otak atau meninges
4.    Stroke adalah kelayuan tiba-tiba otak akibat dari berkurangnya secara drastis aliran darah ke suatu bagian otak atau akibat pendarahan dalam otak. Keadaan ini berdampak antara lain kelumpuhan sementara atau menetap pada satu atau kedua sisi tubuh, kesulitan berkata-kata atau makan, dan lenyapnya koordinasi otot. Penyebab utama stroke adalah merokok, kolestrol tinggi, diabetes, penuaan, dan kelainan turunan.
5.    Alzheimer adalah suatu penyakit yang ditandai oleh kerusakan sel saraf dan sambungan saraf di kulit otak dan kehilangan massa otak yang cukup besar. Gejala khas pertama yang muncul adalah pikun. Ketika makin buruk, gejala – gejalanya adalah sebagai berikut :
5a.  Hilangan ingatan si penderita makin parah
5b.  Keterampilan bahasa, olah pikir, dan gerak turun drastic
5c.   Emosi jiwa dan suasana hati jadi labil
5d.  Penderita cenderung rentan dan lebih peka terhadap stress
5e.   Mudah terombang-ambing antara marah, cemas, atau tertekan
5f.   Pada tahap lebih lanjut, penderita kehilangan responsibilitas dan mobilitas serta kontrol terhadap fungsi tubuh.
6.    Gegar Otak adalah penyakit hilangnya sementara fungsi otak yang disebabkan oleh luka relatif ringan pada otak dan tak selalu berkaitan dengan ketidaksadaran. Orang yang kena gegar otak mungkin tak ingat apa yang terjadi sesaat sebelum atau setelah luka. Gejala gegar otak antara lain :
6a.     Cadel berbicara
6b.    Kebingunan berat
6c.     Koordinasi otot terganggu
6d.    Sakit kepala, pusing, dan mual.
7.    Epilepsi adalah kelainan kronik yang dicirikan oleh serangan mendadak dan berulang-ulang yang disebabkan oleh impuls berlebihan sel-sel saraf dalam otak. Serangan dapat berupa sawan, hilang kesadaran beberapa saat, gerak atau sensasi aneh bagian tubuh, tingkah laku aneh, dan gangguan emosional. Serangan epilepsi umumnya berlangsung hanya 1-2 menit. Kemudian diikuti oleh kelemahan, kebingungan, atau kekurangtanggapan.
8.    Narkolepsi gangguan tidur yang ditandai dengan serangan tidur tiba-tiba dan tak terkendali di siang hari, dengan gangguan tidur di malam hari. Penderita bisa mendadak tertidur di mana saja dan kapan saja bahkan saat berdiri atau berjalan. Tidur berlangsung beberapa detik atau menit dan bahkan lebih dari sejam
9.    Afasia adalah kerusakan dalam pengungkapan dan kepahaman bahasa yang disebabkan oleh kerusakan lobus frontal dan temporal otak. Afasia bisa disebabkan oleh luka kepala, tumor, stroke, atau infeksi.

0 komentar:

Posting Komentar